Created
THANK'S TO | FullHouse Community | SFC | G-Moscaf | ERIN FULLHOUSE COMMUNITY |

Penyebab BlueScreen dan Cara Mengatasinya

| 28 Desember 2012
Hallo sahabat blogger
langsung saja ya 

kerusakan ini ketika komputer mengalami booting , proses berjalan dan menampilkan layar biru ( blue screen ) dan komputer langsung melakukan restart . biasanya ada beberapa pesan yang muncul sebelum komputer melakukan restart ini dia :


DATA_BUS_EROR
kerusakan ini karena memori atau slot memori di motherboard rusak , solusinya , bersihkan memori dan slot memori dari debu atau kotoran yang melekat.


MACHINE_CHECK_EXCEPTION
pesan eror ini di sebabkan oleh cacatnya CPU karena di overclock secara agresif , dan power supply yang kekurangan daya atau rusak. Solusinya , kembalikan konfigurasi BIOS ke setting standard ( default)


NTFS_FILE_SYSTEM, FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024), atau (0X00000023)
pesan eror ini menunjukan adanya kerusakan pada partisi file system , bukan kerusakan fisik harddisk. Solusinya periksa kabel harddisk , dan perbaiki pin2 yang kendor. Kencangkan pin tersebut dengan cara menekan konektornya.


PAGE_DEFAULT_IN_NONPAGED_AREA
pesan eror ini menunjukan kerusakan yang terjadi pada harddware , misalnya memori utama , memori video card , atau memori prosesor (L2 Cache). Solusinya , bersihkan memori dan disable pengaturan L2 pada configurasi BIOS. Untuk mengatasi kerusakan pada VGA card dengan driver bawaan Microsoft Windows.


This error can occur if the Kernel32.dll file is missing or damaged
pesan eror ini biasanya muncul karena terjadi kerusakan file kernel32.dll . Solusinya , perbaiki Windows dengan mengcopy atau mengestrack kembali file Kernel32.dll dari master original Windows. Langkahnya SBB :
1. gunakan Recovery Console untuk melakukan perbaikan. Fungsi ini merupakan salah satu fasilitas Windows yang di gunakan untuk me-restore file system yang ada di CD Windows untuk di masukan ke harddisk. Pada saat startup tekan F8 kemudian pilih Recovery Console.
2. Pada jendela Command Prompt , ketik c:\CDwindows kemudian tekan Enter , buka c:\WINDOWS>CD System32  , kemudian Enter.
3. ubah file Kernel32.dll  lama menjadi Kernel32.old
4. masukan CD Windows XP ke CD-ROM.
5. extrak Kernel32.dll Misal CD-ROM terletak pada driver D. ketik expand d:i386kernel32.dll , kemudian Enter , jika berhasil akan muncul pesan Kernel32.dll 1 file(s) expanded.
6. Restart komputer

Jika Windows yang kita install tidak memiliki fasilitas Recovery Console , lakukan booting melalui CD windows XP (ubah boot sequence atau first boot pada BIOS agar melakukan pembacaan pada CD-ROM) , kemudian ikuti langkah berikut :

1. Pada proses Setup Windows berjalan , pilih opsi Repair atau Recover  dengan menekan tombol R pada keyboard.
2. setelah itu , ketik password Administrator dari Windows XP.
3. kemudian ketik perintah Recovery Console , ketik Help untuk mengetahui perintah yang di sediakan , kemudian pilih Exit.


IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL(0X0000000A)
 Pesan eror ini di sebabkan karena ada ketidakcocokan driver yang terinstall , atau ada permasalahan pada VGA card , seperti VGA card yang di Overclock melebihi batas. Selain itu , kerusakan ini juga bisa terjadi saat mengganti VGA card , kita lupa menguninstall driver yang lama. Solusinya , uninstall semua driver yang di curigai membuat system eror , kemudian insttall driver yang baru.


INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Pesan eror ini di sebabkan karena adanya virus boot sector atau driver IDE controller yang crash. Solusinya , periksa konfigurasi jumper harddisk (master/slave) , dan bersihkan virus dengan cara men-scan harddisk di komputer lain. Pada saat instalasi , lepas perangkat tambahan yang mungkin crash dengan alamat/IRQ harddisk.


BAD_POOL_CALLER 
pesan eror ini disebabkan karena adanya driver yang tidak kompatibel dengan sistem. Hal ini biasanya terjadi saat melakukan instalasi ulang Windows (install baru). Tetapi menggunakan menu upgrade. Solusinya , buang aplikasi antivirus dan lepas device yang menempel pada motherboard.


UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP(0X0000007F) 
Pesan eror ini hampir sama dengan beberapa pesan sebelumnya. Hal ini terjadi karena overclock , sehingga CPU terlalu panas dan komponen dalam CPU mengalami overheat . Selain itu ,  kerusakan ini juga dapat terjadi karena ada file BIOS yang hilang. Solusinya , lakukan clear CMOS motherboard dan atur suhu motherboard tersebut agar tidak terlalu panas.


PEN_LIST_CORRUPT
pesan eror ini menunjukan adanya kerusakan pada memori. Solusinya , bersihkan memori dan slotnya. Jika tetap eror , ganti memori.


VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Pesan eror ini disebabkan karena adanya kesalahan instalasi driver video card atau karena driver tidak di update. Solusinya , uninstall driver yang lama , kemudian install ulang driver video card yang lama.

0 komentar:

Posting Komentar

Thank You For Coming To Our Blog